PERTEMUAN
KE-7
PASAR
MONOPOLI
LATIHAN
SOAL/TUGAS
1.
Uraikan
pengertian pasar monopoli dan berikan contohnya?
2.
Uraikan
ciri-ciri dari pasar monopoli?
3.
Sebutkan
dan jelaskan kebaikan dan keburukan dari pasar monopol?
4.
Mengapa
di dalam pasar monopoli tidak diberlakukan adanya promosi? Jelaskan pendapat
Saudara?
JAWABAN
:
1.
Pasar
monopoli adalah suatu bentuk pasar di mana hanya terdapat satu perusahaan saja.
Dan perusahaan ini menghasilkan barang yang tidak mempunyai barang mengganti
yang sangat dekat.Contoh : PT Pertamina(persero),PT Perusahaan Listrik Negara
(persero), dan PT Kereta Api (persero)
2.
a.
Pasar Monopoli Adalah Industri Satu Perusahaan
Sifat ini sudah
secara jelas dilihat dari definisi monopoli di atas, yaitu hanya ada satu saja
perusahaan dalam industry tersebut. Barang atau jasa yang dihasilkannya tidak
dapat dibeli dari tempat lain. Para pembeli tidak mempunyai pilihan lain, kalau
mereka menginginkan barang tersebut maka mereka harus membeli dari perusahaan
monopoli tersebut.
b. Tidak
Mempunyai Barang Pengganti yang Mirip
Barang yang
dihasilkan perusahaan tidak monopoli tidak dapatdigantikan oleh barang lain
yang ada dalam pasar.Barang tersebut merupakan satu-satunya jenis barang yang
seperti itu dan tidak terdapat barang mirip (close substitute) yang
dapat menggantikan barang tesebut.
c. Tidak
Terdapat Kemungkinan untuk Masuk ke dalam Industri
Sifat ini
merupakan sebab utama yang menimbulkan perusahaan yang mempunyai kekuasaan
monopoli. Adanya hambatan kemasukan yang sangat tangguh menghidarkan berlakunya
keadaan yang seperti itu. Ada beberapa bentuk hambatan kemasukan dalam pasar
monopoli. Ada yang bersifat legal yaitu dibatasi dengan undang-undang. Ada yang
bersifat teknologi yaitu teknologi yang digunakan sangat canggih dan tidak
mudah dicontoh. Dan ada pula yang bersifat keuangan yaitu modal yang diperlukan
sangat besar.
d. Dapat
Mempengaruhi Penentuan Harga
Karena
perusahaan monopoli merupakan satu-satunya penjual di dalam pasar maka,
perusahaan monopoli dipandang sebagai penentu harga atau price setter. Dengan
mengadakan pengendalian ke atas produksi dan jumlah barang yang ditawarkan
perusahaan monopoli dapat menentukan harga pada tingkat yang dikendakinya.
e. Promosi Iklan
Kurang Diperlukan
Karena
perusahaan monopoli adalah satu-satunya perusahaan di dalam industri, ia tidak
perlu mempromosikan barangnya dengan menggunakan iklan. Walau bagaimanapun
perusahaan monopoli sering membuat iklan. Iklan tersebut bukalah bertujuan
untuk menarik pembeli, tetapi untuk memelihara hubungan baik dengan masyarakat.
3.
A.
Kebaikan Pasar Monopoli
·
Perusahaan mampu melakukan
penelitian dan pengembangan produk hal ini dimaksudkan untuk dapat meningkatkan
jenis dan mutu produk karena perusahaan mendapatkan laba yang tinggi.
·
Dapat meningkatkan daya saing
perusahaan apabila monopoli dapat diperoleh karena kemampuan efisiensi.
·
Dapat lebih mudah untuk mengontrol
kepentingan orang banyak apabila monopoli tersebut dilakukan oleh negara.
·
Dapat meningkatkan inovasi (
penemuan baru ) bila monopoli tersebut berbentuk pemberian hak cipta dan hak
paten karena orang akan berlomba menciptakan penemuan baru.
·
Dapat mendorong kemajuan teknologi
terutama pada monopoli masyarakat. Untuk mendapat kepercayaan masyarakat,
perusahaan akan berlomba menggunakan teknologi yang baik agar mutu produkny
dapat meningkat.
b.
Keburukan Pasar Monopoli
·
Perusahaan lain susah memasuki pasar
monopoli sehingga pemegang monopoli terus leluasa meguasai penjualan.
·
Menciptakan ketimpangan distribusi
pendapatan karena keuntungan yang didapat monopolis ( pemegang monopolis )
terlalu besar dan diterima secara terus-menerus.
·
Jumlah produksi yang dijual
bergantung pada keinginan monopolis sehingga dapat menyulitkan konsumen.
·
Bisa timbul eksploitasi terhadap
pemilik faktor produksi karena dibayar dengan harga rendah dan eksploitasi
terhadap pembeli karena penetapan harga jual yang tinggi.
·
Konsumen tidak bisa berpindah ke
perusahaan lain meskipun merasa dirugikan.
4.
Promosi
Iklan Kurang Diperlukan
Karena perusahaan monopoli adalah
satu-satunya perusahaan di dalam industri, ia tidak perlu mempromosikan
barangnya dengan menggunakan iklan. Walau bagaimanapun perusahaan monopoli
sering membuat iklan. Iklan tersebut bukalah bertujuan untuk menarik pembeli,
tetapi untuk memelihara hubungan baik dengan masyarakat
Terimakasih ini sangat membantu sekali
BalasHapusSama" semoga bermanfaat🙏🙏
Hapus