NAMA : ANI
MATA KULIAH : MANAJEMEN PEMASARAN
19
MARET 2018
PERTEMUAN KE 13
MENCIPTAKAN EKUITAS MEREK
1.
Bagaimana
perusahaan mengungkapkan apa yang dimaksud dengan merek?
Jawaban
:
Merek
adalah suatu nama,simbol,tanda desain atau gabungan di antaranya untuk dipakai
sebagai identitas suatu perorangan, organisasi atau perusahaan pada barang dan
jasa yang dimiliki untuk membedakan dengan produk jasa lainnya. Merek yang kuat
ditandai dengan dikenalnya suatu merek dalam masyarakat, asosiasi merek yang
tinggi pada suatu produk, persepsi positif dari pasar dan kesetiaan konsumen
terhadap merek yang tinggi
2.
Bagi
manjer perusahan bagaimana penempatan merek bisa berhasil?
Jawaban
:
Penetapan
(Branding) adalah memberikan kekuatan merek kepada produk dan jasa. Penetapan merek
adalah tentang menciptakan perbedaan antar produk. Pemasar harus mengajarkan
tentang “siapa” produk itu kepada konsumen dengan memberikan namanya dan elemen
merek lain untuk mengidentifikasi produk begitu pula dengan apa yang dilakukan
produk dan mengapa konsumen harus mempertahankan
3.
Jelaskan
pemahaman anda tentang maksud dari ekuitas suatu merek?
Jawaban
:
Ekuitas
merek (brand equity) adalah nilai tambah yang diberikan pada produk dan jasa.
Ekuitas merek dapat tercermin dalam cara konsumen berpikir, merasa dan
bertindak dalam hubungannya dengan merek, dan juga harga, pangsa pasar dan
profitabilitas yang diberikan merek bagi perusahaan.
4.
Sejauh
yang sudah anda dalami bagaimana ekuitas merek dibangun, dan diukur?
Jawaban
:
·
Membangun ekuitas Merek
Pemasar
membangun ekuitas merek dengan
menciptakan struktur pengetahuan merek yang tepat dan komsumen yang tepat. Proses
ini tergangtung pada semua kontak yang berkaitan dengan merek apakah
diprakarsai oleh pemasar atau tidak. Akan tetapi, dari sudut pandang manajemen
pemasaran, ada tingkat perangkat utama pendorong ekuitas merek:
Ø
Pilihan
awal atas unsur – unsur merek atau identitas membentuk merek
Ø
Produk
dan layana serta semua aktivitas pemasaran yang menyertai program pemasaran
yang mendukung.
Ø
Asosiasi
lain yang secara tdak langsung dialihkan ke merek dengan menautkannya dengan
beberapa entitas yang lain.
·
Mengukur
Ekuitas Merek
Karena kekuatan merek terletak dalam pikiran konsumen
dan cara merek mengubah respons konsumen terhadap pemasaran, ada dua pendekatan
dasar untuk mengukur ekuitas merek. Pendekatan tidak langsung menilai
sumber ekuitas merek yang potensial dengan megidentifikasi dan melacak struktur
pengetahuan merek konsumen. Pendekatan langsung menilai dampak aktual
pengetahuan merek terhadap respons konsumen pada berbagai aspek pemasaran.
Ø Audit merek (brand
audit) adalah sederet prosedur yang berfokus pada konsumen untuk menilai
kesehatan merek, mengungkap sumber ekuitas mereknya, dan menyarankan cara untuk
meningkatkan dan mengangkat ekuitasnya. Pemasar harus melaksanakan audit merek
kapanpun mereka ingin melakukan perubahan penting dalam arah strategis. Audit
adalah pendukung yang sangat berguna untuk para manajer ketika mereka
menetapkan rencana pemasaran mereka.
Ø Studi penelusuran merek(brand-tracking studies) mengumpulkan data
kuantitatif dari konsumen secara rutin sepanajang waktu untuk memberikan
informasi dasar yang konsisten tentang bagaimana kinerja merek dan program
pemasaran mereka pada aspek-aspek kunci. Studi penelusuran merupakan alat untuk
memahami di mana, berapa banyak, dan dengan cara apa nilai merek diciptakan,
untuk memfasilitasi pengambilan keputusan harian.
Ø Penilaian Merek
Pemasar
harus membedakan ekuitas merek dengan penilaian merek ( brand
valuation), yaitu pekerjaan memperkirakan nilai keuangan total dari merek.
Jawaban :
26 MARET 2018
PERTEMUAN 14
MENGELOLA EKUITAS MEREK & EKUITAS PELANGGAN
1. Jelaskan bagaimana Mengelola Ekuitas Merek dengan baik?Jawaban :
Pengelolaan merek yang efektif membutuhkan tindakan pemasaran jangkan
panjang. Karena respons pelanggan terhadap aktivitas pemasaran
tergantung pada apa yang mereka ketahui tentang sebuah merek, tindakan
pemasaran jangka pendek, dengan mengubah pengetahuan merek, sangat
mempengaruhi peningkatan atau penurunan kesuksesan jangka panjang
tindakan pemasaran di masa depan.
2. Apa yang dimaksud Revitalisasi Merek?
Jawaban :
2. Apa yang dimaksud Revitalisasi Merek?
Jawaban :
Perubahan selera dan preferensi konsumen, kemunculan pesaing baru atau
teknologi baru, atau semua perkembangan dalam lingkungan pemasaran dapat
mempengaruhi peruntungan merek.
Sering kali, hal pertama yang harus dilakukan dalam merevitalisasi merek adalah memahami sumber-sumber apa dari ekuitas merek yang bisa dipakai sebagai awal langkah. Apakah asosiasi yang positif kehilangan kekuatan atau keunikannya? Apakah asosiasi negatif mulai dikait-kaitkan dengan merek? Lalu putuskan apakah kita akan mempertahankan positoning yang sama atau menciptakan positioning baru, dan jika demikian, positoning baru yang mana.
3. Merencanakan Strategi Penetapan Merek
Strategi penetapan merek perusahaan mencerminkan jumlah dan jenis baik elemen merek umum maupun unik yang diterapkan perusahaan pada produk yang dijualnya. Memutuskan cara menetapkan merek produk baru merupakan hal yang sangat penting. Dalam memperkenalkan sebuah produk baru, perusahaan setidaknya mempunyai tiga pilihan utama yakni ; dapat mengembangkan elemen merek baru untuk produk baru, dapat menerapkan beberapa elemen mereknya yang sudah ada, dan dapat menggunakan kombinasi elemen merek baru dan yang ada.
4. Apa yang dimaksud Ekuitas Pelanggan?
Ekuitas pelanggan merupakan konsep pelengkap untuk ekuitas merek yang merefleksikan jumlah dari nilai - nilai seumur hidup dari seluruh pelanggan untuk sebuah merek.
Sering kali, hal pertama yang harus dilakukan dalam merevitalisasi merek adalah memahami sumber-sumber apa dari ekuitas merek yang bisa dipakai sebagai awal langkah. Apakah asosiasi yang positif kehilangan kekuatan atau keunikannya? Apakah asosiasi negatif mulai dikait-kaitkan dengan merek? Lalu putuskan apakah kita akan mempertahankan positoning yang sama atau menciptakan positioning baru, dan jika demikian, positoning baru yang mana.
3. Merencanakan Strategi Penetapan Merek
Strategi penetapan merek perusahaan mencerminkan jumlah dan jenis baik elemen merek umum maupun unik yang diterapkan perusahaan pada produk yang dijualnya. Memutuskan cara menetapkan merek produk baru merupakan hal yang sangat penting. Dalam memperkenalkan sebuah produk baru, perusahaan setidaknya mempunyai tiga pilihan utama yakni ; dapat mengembangkan elemen merek baru untuk produk baru, dapat menerapkan beberapa elemen mereknya yang sudah ada, dan dapat menggunakan kombinasi elemen merek baru dan yang ada.
4. Apa yang dimaksud Ekuitas Pelanggan?
Ekuitas pelanggan merupakan konsep pelengkap untuk ekuitas merek yang merefleksikan jumlah dari nilai - nilai seumur hidup dari seluruh pelanggan untuk sebuah merek.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar