NAMA : ANI
MATA KULIAH : MANAJEMEN PEMASARAN
2 APRIL 2018
PERTEMUAN
KE 15
MEMBENTUK
POSISIONING MEREK
1.
Coba
anda jelaskan, Apa yang dimaksud membentuk positioning merek?
Jawaban :
Positioning merek adalah tindakan merancang penawaran dan citra
perusahaan agar mendapatakan tempak khusus dalam pikiran pasar sasaran.
Tujuannya adalah menempatkan merek dalam pikiran konsumen untuk memaksimalkan
manfaat patensial bagi perusahaan.
2.
Sejauh
yang sudah anda pelajari bagaimana perusahaan dapat memilih dan
mengomunikasikan positioning yang efektif di pasar?
Jawaban
:
Semua
stategi pemasaran dibuat berdasarkan STP ( segmentasi, penentuan sasaran (targeting),
dan positioning). Perusahaan menemukan beragam kebutuhan dan kelompok di
pasar, membidik mana yang dapat dipenuhi oleh perusahaan secara superior,dan
kemudian memposisikan penawarannya agar pasar sasaran mengenali kelebihan dari
penawaran dan citra perusahaan. Jika perusahaan melakukan positioning dengan
buruk, pasar akan bingung.
Positioning adalah tindakan merancang penawaran dan citra perusahaan agar mendapatkan
tempat khusus dalam pikiran pasar sasaran. Tujuannya adalah menempatkan merek
dalam pikiran konsumen untuk memaksimalkan manfaat potensial bagi perusahaan. Positioning
merek yang baik membantu memandu strategi pemasaran dengan cara memperjelas
esensi merek, tujua apa yang dapat diraih pelanggan dengan bantuan merek, dan
bagaimana menjalankannya secara unik. Semua orang dalam organisasi harus
memahami positioning merek dan menggunakannya sebagai konteks untuk
membuat keputusan.
Hasil positioning
adalah terciptanya dengan sukses suatu proposisi nilai yang terfokus pada
pelanggan, suatu alasan kuat mengapa pasar sasaran harus membeli produk
bersangkutan
3.
Bagi
suatu perusahaan, bagaimana merek didiferensiasikan?
Tidak ada komentar:
Posting Komentar